Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 4A Duren Sawit
+6221 22085079
info@kjaashadirekan.co.id

Langkah-langkah Menulis Laporan Manajemen

Penyusunan Laporan Manajemen

Laporan Manajemen KJA Ashadi dan Rekan

laporan-manajemen-KJA-Ashadi-dan-Rekan

Apa itu Laporan Manajemen?

Laporan manajemen merupakan dokumen yang berisi data dan analisis kinerja perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Tujuan utama dari laporan ini adalah memberikan informasi kepada manajer atau pemilik bisnis mengenai berbagai aspek yang ada, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat.

Data yang terdapat dalam laporan manajemen ini dikumpulkan secara akurat dan valid melalui penelitian yang setiap departemen perusahaan lakukan. Hal ini bertujuan untuk melacak Key Performance Indicator (KPI) dan menyajikannya dengan jelas.

Perhatikan bahwa laporan manajemen ini khusus bagi internal perusahaan dan tidak untuk publik atau khalayak luas. Dengan demikian, keakuratan dan validitas laporan ini sangat penting agar manajemen dapat membuat keputusan dan saran yang tepat.

Cara Menulis Laporan Manajemen

1. Tetapkan tujuan untuk staf Anda

Tetapkan tujuan yang jelas untuk staf Anda dalam laporan manajerial. Laporan ini akan memberikan penilaian menyeluruh terhadap keluaran dan kinerja departemen Anda, serta membantu penerima laporan untuk memahami kemampuan tim dalam mencapai tujuan. Beberapa fitur yang perlu disertakan dalam laporan adalah tujuan spesifik, jangka waktu yang dimaksudkan, poin data dan indikator untuk melacak kemajuan, saran dan rekomendasi untuk mencapai tujuan, serta sumber data yang digunakan. Pastikan untuk memberikan data yang nyata dan mematuhi GDPR dan undang-undang keamanan data yang relevan.

2. Fokus pada kejelasan

Saat ingin memberikan informasi komprehensif kepada penerima, wajib untuk menyertakan data dan target spesifik dalam laporan manajemen. Namun, penting juga untuk menyertakan ringkasan hasil agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat menyebabkan perubahan yang tidak penting atau kehilangan area perbaikan.

Untuk memastikan laporan Anda dapat dipahami dengan jelas oleh penerima, perlu menjelaskan dan menyimpulkan setiap poin yang ingin disampaikan. Hal yang jelas bagi Anda mungkin tidak jelas bagi orang yang Anda tuliskan laporannya. Beberapa karyawan dan staf manajemen mungkin mengandalkan data, namun yang lain mungkin tidak memiliki pengetahuan dalam memproses tabel dan grafik. Oleh karena itu, instruksi yang jelas akan memberikan manfaat lebih bagi mereka.

Selain itu, menawarkan kejelasan dalam laporan juga bermanfaat jika Anda perlu kembali ke laporan tersebut di masa mendatang untuk membahas hasilnya dan membandingkannya dengan data yang lebih baru.

Lihat Juga : Analisa Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Analisis Pembuatannya

Anda sedang membutuhkan Jasa Akuntansi? Segera Hubungi Kami.
KJA Ashadi dan Rekan

3. Tidak Memihak

Membentuk hubungan yang baik dengan rekan kerja di perusahaan adalah hal yang normal. Namun, jika Anda membiarkan lampiran ini mempengaruhi laporan manajemen Anda dengan mengabaikan data atau memberikan kesimpulan yang tidak akurat, maka hasil laporan tersebut dapat berubah. Tindakan ini dapat berdampak pada kredibilitas Anda dan perusahaan secara keseluruhan. Apa yang menjadi masalah bagi karyawan, dapat menjadi masalah bagi Anda sebagai penerima laporan. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan bias pribadi dalam proses tersebut dan bertindak dengan integritas. Akun yang jujur membantu perusahaan membuat keputusan yang akurat dan memberikan kesempatan bagi karyawan yang berkinerja buruk untuk meningkatkan kinerjanya. Hal ini bermanfaat bagi Anda, perusahaan, dan pertumbuhan karyawan tersebut.

4. Jadilah Visual

Banyak laporan manajemen menampilkan grafik yang penuh dengan data. Hal terjadi ini karena adanya perbedaan tipe pembelajaran. Beberapa orang lebih suka instruksi langsung dalam bentuk verbal atau tertulis, namun banyak yang menemukan bahwa visualisasi membantu mereka dalam memproses informasi.

Ambil tiga hingga enam Indikator Kinerja Utama (KPI) terpenting yang terkait dengan departemen Anda dan sajikan dalam format yang dapat dipahami. KPI merujuk pada nilai yang dapat diukur yang menunjukkan kinerja departemen. Dengan menyajikan tingkat kinerja saat ini dari departemen dalam format visual bersama dengan tujuan yang telah ditetapkan dan target jangka panjang perusahaan, Anda memungkinkan pembelajar visual untuk dengan cepat memproses area yang perlu ditingkatkan dan area yang perlu dirayakan.

5. Hubungkan Laporan Tersebut Dengan Pelanggan

Tidak peduli jenis perusahaan di mana Anda bekerja, perusahaan tersebut memiliki target demografis yang menjadi sasaran pemasaran produk atau layanannya. Ketergantungan Anda pada basis pelanggan ini sangat penting bagi Anda dan rekan kerja di perusahaan untuk memahami pandangan mereka. Dengan memahami pandangan mereka, departemen Anda dapat mengubah outputnya untuk memenuhi harapan pelanggan dan memberikan layanan yang lebih baik. Jika memungkinkan, sertakan data tentang pelanggan dan pandangan mereka dalam laporan Anda.

Pandangan nyata dan eksternal tentang praktik kerja ini berada di luar lingkup politik tempat kerja dan merupakan pandangan yang jujur ​​tentang perusahaan dan kinerjanya. Data yang perusahaan kumpulkan dari survei dan ulasan pelanggan tidak bersifat pribadi bagi penerima dan memberikan informasi yang valid tanpa memberikan kritik langsung.

Lihat Juga : Laporan Keuangan (Financial Statement)

Manfaat menulis laporan manajemen

Menulis laporan manajemen memiliki manfaat yang sangat penting bagi perusahaan. Laporan ini dapat memberikan evaluasi menyeluruh mengenai status perusahaan dan memberikan informasi yang penulis laporan laporkan. Selain itu, laporan ini juga dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis dalam jangka waktu dekat hingga pertengahan. Dengan menulis laporan manajemen, perusahaan dapat menghilangkan dugaan-dugaan dalam strategi bisnis dan mengungkap sebanyak mungkin data tentang posisi organisasi di pasar. Selain itu, laporan manajemen juga dapat membantu pemberi kerja dalam mengevaluasi efektivitas departemen dan memberikan informasi yang perusahaan perlukan untuk meningkatkan kinerja. Dengan demikian, menulis laporan manajemen sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Fitur Utama Untuk Laporan Manajemen

Fitur utama dari laporan manajemen meliputi :

  • Halaman sampul
  • Misi dan nilai-nilai bisnis
  • Halaman isi
  • Analisis berpasangan yang sederhana dan kompleks
  • Ringkasan proyek, stempel waktu, kesimpulan
  • Hosting online

Persyaratan spesifik laporan manajemen dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada target audiens, namun aspek umum ini harus ada untuk menjaga kualitas dan wewenang laporan. Kita dapat menambahkan rincian tambahan seperti profil manajerial dan pemeriksaan persaingan. Dengan menyertakan fitur-fitur ini, laporan manajemen akan lebih profesional, pengarahannya mudah , dan memberikan wawasan yang berguna bagi pembaca.

 

KANTOR JASA AKUNTAN ASHADI DAN REKAN (KJA ASHADI & REKAN) merupakan bagian dari perusahaan konsultasi BMG Consulting Group dan telah berdiri sejak tahun 2015 dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan KMK No. 84/KM.1/PPPK/2015, Tanggal 17 November 2015. Didalam menjalankan usahanya Kantor Jasa Akuntan Ashadi & Rekan memberikan pelayanan jasa konsultansi pada bidang akuntansi, perpajakan, manajemen dan training.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *