Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 4A Duren Sawit
+6221 22085079
info@kjaashadirekan.co.id

Mengenal Internal Audit : Definisi, Tujuan dan Tugas

KJA Ashadi dan Rekan - Konsultan dan Training

Mengenal Internal Audit : Definisi, Tujuan dan Tugas

Internal Audit

Mengenal apa itu Internal Audit, Internal Audit memiliki peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Pada era modern ini perkembangan manajemen organisasi khususnya di perusahaan sangat memerlukan peran audit internal. Audit internal digunakan untuk menopang manajemen perusahaan dalam menjalankan fungsi controlling yang menjamin perusahaan berjalan sesuai dengan perencaaan dan mengarah kepada tujuan tujuan perusahaan. Audit internal biasanya ddilakukan oleh auditor internal atau jasa konsultan akuntansi yang dipercaya oleh perusahaan. Perusahaan besar dengan struktur organisasi yag kompleks dengan berbagai tugas dan fungsi akan sangat membutuhkan audit internal demi menjamin sistem/ manajemen yang ada dalam perusahaan berjalan sesuai dengan yang diinginkan serta untuk menghindari adanya resiko kesalahan, penyalahgunaan, dan kendala dengan mengembangkan efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Definisi Internal Audit

Menurut Mulyadi (2002), internal audit adalah pelaksanaan audit/ auditor yang menjalankan tugas dalam perusahaan untuk mengetahui sejauh mana prosedur dan kebijakan yang telah dibentuk sebelumnya dipatuhi, menetapkan apakah pengelolaan akan asset organisasi/perusahaan sudah dilaksanakan dengan baik, menetapkan seberapa efektif dan efisien dari prosedur kegiatan organisasi/perushaaan, serta menilai keefektivitasan informasi yang di produksi oleh tiap unit di dalam orgaanisasi/ perusahaan.

Tujuan Internal Audit

Menurut Sukrisno Agoes (2004) tujuan dari internal audit adalah membantu manajemen perusahaan menjalankan tugas melali analisa, penilaian, dan memberikan saran dan masukan mengenai kegiatan/program (yang masuk dalam pemeriksaan). Pada pencapaian tujuan dari internal audit, auditor harus melakukan beberapa hal seperti :

  • Memastikan peraturan dan prosedur yang harus dipatuhi oleh seluruh elemen manajemen
  • Meningkatkan pengawasan efektif dengan biaya sewajarnya, memberikan penilaian serta mengidentifikasi system pengendalian yang diterapkan
  • Memastikan bahwa seluruh asset perusahaan dijaga dengan penuh tanggung jawab dari penyalahgunaan, kehilangan, korupsi, dan hal hal lainnya
  • Mengajukan berbagai saran dalam rangka memerbaiki system operasional perusahaan
  • Memberikan nilai mutu dan kualitas kerja pada setiap bagian yang ditunjuk manajemen perusahaan
  • Memastikan bahwa data yang dimiliki dan dional di dalam perusahaan dapat dipertanggungjawabkan

Baca Juga: Aturan Segera Diteken, Korporasi Bisa Nikmati Diskon Pajak 50 Persen

Tugas Internal Auditor

  1. Memahami standar/kriteria/instrument yang digunakan untuk melaksanakan audit internal
  2. Melaksanaan audit internal :
  • Menyusun audit plan
  • Menyusun instrument audit
  • Memberikan informasi mengenai rencana audit pada unit yang akan di audit
  • Melakukan audits sesuai jadwall yng ditetapkan
  • Mengukur tingkat kesesuaian terhadap standar/kriteria secara objektif
  • Menyepakati tiindak lanjut dengan auditee
  • Menympaikan laporan hasil audit internal pada pimpinan puncak
  1. Melakukan evaluasi keseluruhan

Internal Audit Vs Eksternal Audit

Internal audit dilaksanakan oleh internal auditor yang bertujuan untuk membantu manajemen dalam menjalankan tugasnya dengan cara memberikan saran dari analisa, penilaian terkait aktivitas yang di audit. Internal auditor akan lebh tertarik pada kesalahan material dan non material. Hasil dari audit internal adalah Internal Audit Report yang menjelaskan mengenai temuan pemeriksaan (audit fundings) yang berkaitan dengan adanya penyimpangan dan penyalahguanaan yang dilengkapi dengan saran perbaikan.

Sedangkan Eksternal Audit dilaksanakan oleh auditor eksternal yang berasal dari luar perusahaan (Kantor Akuntan Publik), tujuannya adalah memberikan masukan terkait kewajaran laporan finansial yang disusun manajemen perusahaan. Eksternal auditor hanya berfokus pada kesalahan material yang berpengaruh terhadap kewajaran laporan finansial dan hasil dari eksternal auditing adalah Eksternal Audit Report yang berisi pendapat tentang kewajaran financial report serta management report yang berisi tentang kelemahan pengendalian internal dan saran perbaikannya yang akkan dilaporkan kepada manajemen perusahaan. (jurnalmanajemen.com)

Baca Juga: Mengenal Transfer Pricing Documentation : Konsep Dasar & Metode

Butuh Jasa Internal Audit?

Jika perusahaan anda belum memiliki internal auditor, anda tidak perlu khawatir karena Kantor Jasa Akuntan Ashadi dan Rekan – Konsultan Akuntansi & Pajak adalah solusi dari permasalahan yg anda hadapi. KJA Ashadi dan rekan akan memberikan rekomendasi atau saran kepada klien tentang berbagai permasalahan yang dihadapi perusahaan. Sebagai bagian dari perusahaan konsultasi BMG Consulting Group, KJA Ashadi dan Rekan telah didirikan di tahun 2015 dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan KMK No. 84/KM.1/PPPK/2015. Di dalam menjalankan usahanya KJA Ashadi & Rekan memberikan pelayanan jasa konsultasi pada bidang akuntansi, perpajakan, manajemen dan training.

 

Penulis: I. Wayan Kawistara

Editor: Rafli

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *