Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No. 4A Duren Sawit
+6221 22085079
info@kjaashadirekan.co.id

Pentingnya Core Tax System

Pentingnya Core Tax System

core tax

Core Tax adalah kategori pajak yang mencakup pajak-pajak utama yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan negara. Ini meliputi Pajak Penghasilan (Income Tax), Pajak Pertambahan Nilai (Value Added Tax / VAT), dan beberapa pajak lainnya, tergantung pada negara yang bersangkutan.

Lihat Juga : PSIAP DJP

Apa Itu Core Tax?

Menurut informasi resmi dari DJP, Core Tax Administration System (CTAS) adalah sebuah sistem teknologi informasi yang memberikan dukungan terpadu untuk tugas-tugas DJP, termasuk otomatisasi proses bisnis. Otomatisasi proses bisnis ini mencakup pemrosesan surat pemberitahuan, dokumen perpajakan, pembayaran pajak, dukungan pemeriksaan dan penagihan, pendaftaran wajib pajak, serta fungsi akuntansi wajib pajak.

Penerapan CTAS telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 40/2018. Perpres ini mengatur tentang pengembangan sistem inti administrasi perpajakan yang merupakan bagian dari pembaruan sistem administrasi perpajakan. Selain itu, Perpres ini juga menjelaskan berbagai informasi mengenai sistem administrasi perpajakan, termasuk penggunaan CTAS untuk membantu melaksanakan prosedur dan tata kelola administrasi perpajakan. Semua ini berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Manfaat dan Tujuan Core Tax

Suryo Utomo, Direktur Jendral Pajak (DJP), memiliki kewenangan untuk memodernisasi perpajakan dengan mengupdate sistem inti administrasi perpajakan (core tax system). Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk meningkatkan infrastruktur perpajakan. Namun, proyek pembaruan ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya, antara lain:

1. Membantu membangun institusi perpajakan yang kuat, kredibel, dan akuntabel serta memiliki proses bisnis yang efektif dan efisien.
2. Meningkatkan sinergi antara lembaga-lembaga terkait.
3. Membantu meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak terhadap kewajibannya.
4. Pembaruan Sistem Pajak Inti berpotensi meningkatkan penerimaan negara atau Tax Ratio sekitar 1,5 Persen.
5. Pemberlakuan core tax system dapat dengan mudah meningkatkan kualitas data, segmentasi, dan profilisasi Wajib Pajak.
6. Membantu menganalisis kepatuhan Wajib Pajak dalam pengelolaan hutang dan tagihan pajak mereka.

 

Anda sedang membutuhkan Jasa Akuntansi? Segera Hubungi Kami.
KJA Ashadi dan Rekan

Pentingnya Core Tax

Sumber Pendapatan Utama Negara

Pendapatan utama bagi negara berasal dari core tax. Pendapatan ini sangat penting untuk mendukung berbagai program dan layanan publik seperti pendidikan, perawatan kesehatan, infrastruktur, dan keamanan nasional. Jika core tax tidak mencukupi, negara akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Keadilan dalam Perpajakan

Prinsip keadilan juga diterapkan dalam core tax. Wajib pajak dengan pendapatan yang lebih tinggi akan terkena beban pajak yang lebih besar, sehingga menciptakan distribusi pendapatan yang lebih adil di masyarakat.

Pengaruh terhadap Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, perancangan sistem pajak dengan cerdas dapat mempengaruhi investasi dan pertumbuhan ekonomi. Tarif pajak yang wajar dapat menciptakan lingkungan yang lebih menarik bagi bisnis dan investor, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Stabilitas Pendapatan Negara

Pajak inti juga memberikan kestabilan pendapatan negara. Ini dikarenakan pajak ini cenderung tetap stabil dari tahun ke tahun, bahkan dalam kondisi ekonomi yang fluktuatif. Hal ini membantu negara dalam menjaga keseimbangan fiskalnya.

Dukungan terhadap Program Pemerintah

Pajak inti juga memberikan dukungan terhadap berbagai program pemerintah yang penting. Sebagai contoh, Pajak Penghasilan digunakan untuk mendanai program kesehatan dan pendidikan, sementara Pajak Pertambahan Nilai dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Peran Penting dalam Sistem Perpajakan

Sistem perpajakan memandang pajak inti sebagai bagian yang sangat penting. Penting bagi kita untuk memahami peran utamanya dalam mendukung negara, menciptakan keadilan, dan menjaga stabilitas ekonomi. Dengan pemahaman yang mendalam tentang pajak inti, kita dapat menghargai sejauh mana kontribusinya dalam pembangunan dan kesejahteraan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *